• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia

World Trending Topic, #TDS2016

Akhirnya program untuk menjadikan Tour de Singkarak sebagai World Trending Topic (Topik terhangat di dunia) di media sosial twitter terwujud.

Program ini berawal dari kumpul – kumpul admin sosmed di Sumatera Barat dan perkembangan di group Whatsapp. Lalu muncul berbagai program, termasuk #Minanghalaltourism dan #TDS2016. Program itu disambut baik seluruh pihak, termasuk Kementerian Pariwisata.

Sabtu, 6 Agustus sore #TDS2016 menempati peringkat 20 dari World Trending Topic twitter. Menjelang malam, beberapa hastag sejenis seperti #pesonasumbar dan hastag #tourdsingkarak2016 juga menempati peringkat 5 dan 8. Tidaklah mudah, karena jadwal yang bersamaan dengan iven besar seperti pembukaan olimpiade 2016 di brazil #OpeningCeremony dan #Olimpiade2016.

Ini tidak lepas dari kerjasama antara peran Kementerian Pariwisata Indonesia, yang mau memfasilitasi media sosial di Sumatera Barat untuk berperan aktif. Hal yang sama juga terjadi pada akun media sosial di Sumbar yang selama ini juga memublikasikan pariwisata Sumbar.

Kalau dituliskan semua akun yang berpartisipasi sangatlah banyak. Saya sebenarnya takut, karena tidak bisa menuliskan semuanya dan ada kesalahan penulisan. Apalagi admin akun-akun tersebut terus bertambah. Beberapa akun di antaranya yaitu :

@infosumbar
@minangtourism
@anakanakminang
@ardiesensei
@bayubaystory
@newspadek
@padangekspres
@herisugiarto
@sonialis1973
@dodi_ardia
@repoterjahil
@indrawadimantari
@boyamra
(*maaf kalau salah penulisan, urutan penulisan akun juga tidak mencerminkan apa-apa)

Beberapa akun lainnya juga terlibat aktif seperti : @metro_tv @RadioElshinta dan lain – lain. Akun official seperti @kemenpar @tourdsingkarak

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno selain mensosialisasikan Tour de Singkarak melalui akun facebooknya juga terlibat aktif dengan hastag #TDS2016. Hal yang sama juga dilakukan akun milik Tokoh muda Sumbar, Marzul Veri @marzulveriDTP dan tokoh – tokoh lainnya di Indonesia dan dunia.

Ada banyak akun lainnya yang berperan aktif, baik dari Sumbar, Jakarta dan Internasional yang tidak tertuliskan disini. Salut terhadap semua media sosial yang ada di Sumatera Barat, Salut terhadap kecintaan kita kepada Sumatera Barat, termasuk pada iven Tour de Singkarak. #TDS2016

Tags :