• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia

Tulisan Gubernur Sumbar pada penutupan TDS

Alhmadulillah, sore ini kita sudah menuntaskan event besar Sumatera Barat, yang bersifat internasional, yaitu Tour de Singkarak 2016. Penutupan yang sekaligus garis finis etape ke-8 dilaksanakan di kawasan tugu merpati perdamaian pantai Padang, Terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu menyukseskan acara besar ini, kepada Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, awak media, event organizer TdS, dan tentunya masyarakat Sumatera Barat.
Selama 9 hari kegiatan TdS telah berlangsung dengan aman, sebanyak 8 etape telah dilalui peserta. Dengan dimulai grand start di Dermaga Danau Singkarak untuk etape 1, dan diakhiri dengan finish etape 8 di Monumen Perdamaian di Muaro Lasak, Kota Padang.

Kesuksekan TdS dari tahun ke tahun telah ikut mendorong pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata mengalami peningkatan. Promosi dengan TdS ini menjadikan kunjungan wisatawan untuk melihat keindahan destinasi wisata yang ada di Sumbar terus meningkat.

Pemprov Sumbar sangat terbantu dengan kesuksesan TdS untuk ikut mendukung PAD melalui sektor pariwisata terus meningkat. Selain itu, dengan hadirnya TdS, infrastruktur jalan juga mengalami kemajuan, dan semakin baik. Jadi event ini tak hanya sekedar olahraga balap sepeda, tapi ikut mendorong kemajuan Sumbar. Dengan masuknya TdS sebagai agenda internasional, tentu pendanaan persiapan infrastruktur juga menjadi tanggungan pemerintah pusat, demikian untuk event-event TdS di tahun yang akan datang.

Meskipun telah berakhir, saya berharap bupati/walikota untuk mendorong perbaikan pada destinasi wisatanya masing-masing. Sebab dengan ekpos dan promosi yang dilakukan media lokal, nasional dan internasional selama pelaksanaan TdS tersebut, maka akan berdampak terhadap peningkatan kunjungan wisatawan yang ingin melihat keindahan, dan kekayaan wisata di ranah minang ini.

Tentunya telah banyak destinasi yang telah dipublikasi media nasional dan internasional, namun itu membutuhkan sentuhan kepala daerah. Jika itu masih kurang, maka promosi yang dilakukan ini akan menjadi percuma, kepuasan dari peserta dan official yang hadir ke Sumbar menjadi promosi yang ampuh bagi kemajuan pariwisata,” ungkapnya.

Untuk itu, saya juga berharap TdS agar terus dilaksanakan di di masa yang akan datang, dan makin meriah lagi. Hal itu tentunya dengan banyaknya peserta yang bakal mengikuti perlombaan yang dilaksanakan pada tahun 2017 nanti.