• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia

Tour de Singkarak Ditutup, Pembalap Iran Amir Zargari Kembali Juara Umum

320-egan_TourDeSingkarak (5)_web

Tour de Singkarak 2014 yang berlangsung selama 8 hari resmi berakhir hari ini. Menpora Roy Suryo bersama Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Walikota Padang Fauzi Bahar resmi hari Senin (15/6) sore menutup kejuaraan balap sepeda paling bergengsi di Indonesia ini di halaman depan kantor Gubernur Sumatera Barat di Padang.

Pada sambutannya Menpora mengatakan senang dan mengapresiasi Tour de Singkarak ini yang setiap tahunnya bisa diselenggarakan dengan sukses. Even ini kejuaraan kelas internasional yang setiap tahunnya harus rutin diselenggarakan. “Insyallah Tour de Singkarak ini nantinya bisa seperti Tour de France, karena selain olahraga, even ini sangat memiliki pengaruh besar terhadap pariwisata. Oleh karena itu, kami dari Kemenpora mengucapkan terima kasih kepada semua penyelanggara yang sudah sukses menyelenggarakan semuanya dengan baik. Kepada semu pembalap baik dari Indonesia atau luar negeri saya ucapkan terima kasih atas partisipasinya,” kata Roy Suryo.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar juga mengatakan setiap tahunnya Tour de Singkarak memiliki keajuan yang luar biasa dalam penyelenggaraanya. “Setiap tahun etape Tour de Singkarak mengalami peningkatan. Tahun ini seluruh pembalap benar-benar melalui banyak etape baru yang menurut mereka sangat luar biasa. Dan semuanya juga menikmati wisata-wisata yang indah dari Sumatera Barat,” kata Sapta.

Hari ini adalah etape terakhir Tour de Singkarak yang berlangsung mulai 7-15 Juni. Pembalap Iran, Amir Zargari menjadi pemenang umum, secara resmi menjadi pemegang yellow jersey. Lebih dari 100 peserta asal berbagai negara menyusuri total 1.250 Km dan melintasi 19 kabupaten di Sumatera Barat. Amir Zargari mengantungi waktu total 28 jam 31 menit dan 48 detik. Pembalap yang memperkuat tim Pishgaman Yazd ini mengalahkan 2 rekan setimnya, yakni Rahim Emami dan Ramin Mehrbaniazar. Mereka masing-masing menempati posisi ke-2 dan 3. Amir Zargari mengulang kejayaannya pada Tour de Singkarak 2011.

Etape 9 yang berlangsung hari ini start di Pantai Carocok, Pesisir Selatan dan finis di Kantor Gubernur Sumbar, Kota Padang. Yang menjadi pemenang etape kali ini adalah Brenton Jones dari Avanti Racing Team, Australia. Posisi kedua ditempati oleh Soufiane Haddi dari tim Skydive Dubai, disusul oleh Koroeda Saya dari Japan Cycling Federation.(amr)

Berikut daftar Pemenang Umum (General Classification) Tour de Singkarak 2014:

1. Amir Zargari (Pishgaman Yazd)
2. Rahim Emami (Pishgaman Yazd)
3. Rahim Mehrbaniazar (Pishgaman Yazd)
4. Hossein Alizadeh (Tabriz Shahrdari Ranking)
5. Arvin Moazemi Godarzi (Pishgaman Yazd)
6. Parviz Mardani (Tabriz Shahrdari Ranking)
7. Saeid Safarzadeh (Tabriz Shahrdari Ranking)
8. Oscar Pujol Munoz (Skydive Dubai)
9. Sho Hatsuyama (Japan Cycling Federation)
10. Dadi Suryadi (Pegasus Cycling Team)

SUMBER : kemenpora.go.id – Minggu, 15 Juni 2014, 18:45 WIB