• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia

Tour de Singkarak dianggap lebih menantang buat pebalap asing

tour-de-singkarak-dianggap-lebih-menantang-buat-pebalap-asing-rev-1

Gengsi ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak 2014 disebut-sebut semakin meningkat. Penyelenggara pun berusaha meningkatkan kualitas gelaran yang sudah berusia enam tahun itu.

Meski belum setara dengan ajang serupa seperti Tour de France, Giro d’Italia, dan Tour de Korea, panitia optimis lambat laun pamor Tour de Singkarak yang menjelajahi 18 kabupaten di Sumatera Barat bakal sejajar. Bahkan menurut mereka, perhelatan itu memiliki tantangan tersendiri.

Menurut pengakuan pengarah lomba (race director) Tour de Singkarak 2014, Sondi Sampoerno, ajang itu punya kelebihan dibanding gelaran serupa di kawasan Asia. Bahkan dia mengatakan, beberapa pebalap sepeda lebih senang adu cepat di lintasan Tour de Singkarak ketimbang Tour de Korea.

“Penyelenggara Tour de Korea beberapa waktu lalu pernah telepon saya. Mereka tanya siapa saja yang kita undang. Mereka penasaran kenapa pesertanya cukup banyak,” kata Sondi kepada awak media di Padang, Sumatera Barat, Jumat (6/6).

Sondi menjelaskan, ternyata sebagian pebalap asing lebih senang dengan lintasan dengan kontur naik-turun. Buat mereka, lanjut dia, itu adalah tantangan menarik buat ditaklukkan.

“Saya sudah tanya sama beberapa tim, mereka rata-rata lebih senang ikut Tour de Singkarak karena jalannya naik-turun dan menawarkan pemandangan. Kalau di tempat lain kan trek-nya luas, datar, kadang lewat jalan tol. Tapi kadang trek yang aman seperti itu enggak menjamin tantangannya,” ujar Sondi.

Meski bisa dibilang baru diramaikan oleh tim-tim papan tengah, Sondi yakin perlombaan Tour de Singkarak tetap seru dan menyajikan persaingan sengit.

SUMBER : merdeka.com –┬áJumat, 6 Juni 2014 15:29