• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia

Tour de Singkarak, Berpacu ke Istana Pagaruyung

191481_620

Sebanyak 108 pembalap yang masih bertahan di Tour de Singkarak 2014 melanjutkan lomba pada etape ketiga ini, Senin, 9 Juni 2014. Mereka akan mengayuh sepeda sepanjang 100 kilometer dari Kabupaten Limapuluh Kota menuju Kabupaten Tanah Datar.

Sedangkan 19 pembalap dipastikan tidak akan melanjutkan etape ketiga ini. Sebab, sebanyak 16 pembalap keluar dari balapan dan tiga pembalap masuk finis setelah limit waktu pada etape kedua tersebut.

Para pembalap dari 23 negara ini akan start dari depan kantor Bupati Limapuluh Kota menuju Istana Pagaruyung Batusangkar pukul 11.00 WIB. Mereka akan melewati Jembatan Kelok Sembilan dan puncak Pato.

Pada etape ini, pembalap akan berjuang melewati tiga tanjakan untuk meraih King of Mountains (KoM). Tanjakan pertama dengan level tiga di Kelok Sembilan. Tanjakan kedua di Kilometer 58, tepatnya di Pauh Tinggi, dengan level tiga. Pembalap juga akan memperebutkan rompi hijau pada etape ini. Ada satu titik sprint, yaitu di Kilometer 35, tepatnya di A. Yani Payakumbuh.

Pada etape sebelumnya, pembalap asal Pishgaman Yazd, Arvin Moazemi Godarzi, berhasil menguasai tiga jersey. Pembalap asal Iran ini meraih rompi polkadot dengan mengumpulkan sembilan poin.

Arvin Moezemi juga berhasil merebut green jersey dari pembalap United Arab Emirates Cycling Federation, Ahmed Mirza Alhammadi. Dia unggul dengan memperoleh 15 poin.

Dia juga berhasil merebut jersey bergengsi, yaitu rompi kuning. Arvin mengumpulkan waktu 5 jam 18 menit 28 detik. Dia disusul Hossein Alizadeh dengan 5 jam 18 menit 33 detik. Urutan ketiga ditempati Amir Zardari dengan selisih sembilan detik dari Arvin.

Klasifikasi pembalap Asia Tenggara dikuasai Dadi Suryadi. Pada dua etape ini, pembalap Pegasus Continental Cycling Team ini mengumpulkan waktu 5 jam 23 menit 25 detik. Dadi menggeser Aiman Cahyadi yang berada pada etape pertama dan meraih jersey merah-putih. Aiman berada pada posisi kedua dengan catatan waktu 5 jam 24 menit 38 detik.

Dadi mengaku akan cari posisi aman untuk mempertahankan jersey merah-putih. “Berharap berada di rombongan terdepan. Ada tanjakan tiga kali di etape ini,” ujarnya.

Hingga etapa kedua, tim Pishgaman Yazd menguasai klasifikasi umum tim dengan mengumpulkan waktu 15 jam 55 menit 51 detik. Lalu disusul Tabriz Shahrdari Rangkin dengan waktu 16 jam 1,09 menit. Pada posisi ketiga ada Tabriz Petrhochemical Team dengan perolehan waktu 16 jam 12 menit 14 detik.

SUMBER : tempo.co –┬áSENIN, 09 JUNI 2014 | 10:52 WIB