• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia

Timnas coba kemampuan di Tour de Singkarak

tds 7Timnas Indonesia akan mencoba kemampuan di Tour de Singkarak 2014 sebelum turun di Asian Games 2014 di Incheon, Korea, maupun SEA Games 2015 di Singapura.

“Timnas memang akan turun, tapi siapa pebalap yang akan diturunkan kami harus konsultasi dengan jajaran pelatih,” kata perwakilan PB ISSI Tino Latuheru di sela peluncuran Tour de Singkarak 2014 di Padang, Minggu.

Pada Tour de Singkarak 2013, Timnas Indonesia mampu menduduki peringkat tiga di bawah Tabriz Petrochemical Team Iran dan Budget Forklift. Hasil ini sesuai dengan target yang ditetapkan.

Saat itu Timnas Indonesia diperkuat tujuh pebalap di antaranya Ryan Areihan, Fatahillah Abdullah, Robin Manulang, Rastra Patria, Bambang Suryadi dan Aiman Cahyadi.

Menurut dia, timnas merupakan salah satu dari empat tim lokal yang akan berpartisipasi pada kejuaraan dengan total hadiah Rp1,3 miliar, dengan jarak tempuh 1.250 km yang terbagi atas sembilan etape.

Selain timnas, tim lokal yang akan bersaing pada kejuaraan balap sepeda yang telah digelar keenam kalinya itu adalah Custom Cycling Club (CCC), Banyuwangi Racing Cycling Club (BRCC) dan BBC Pesisir Selatan (Pessel).

“Ada satu lagi tim Indonesia yang turun di Tour de Singkarak yaitu Pegasus Continental Team. Ini adalah satu-satu tim kontinental asal Indonesia yang tercatat di UCI,” katanya menambahkan.

Tino menjelaskan, Pegasus Continental Team meski merupakan tim baru tetap diperkuat oleh pebalap Indonesia yang telah mempunyai nama besar seperti Tonton Susanto, Rastra Patria, Bambang Suryadi, Dadi Suryadi hingga Matnur.

“Tim ini juga akan diperkuat oleh pebalap asing. Tapi kami belum tahu secara pasti siapa nama-nama pebalapnya,” katanya menegaskan.

Sementara itu Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Sapta Nirwandar menegaskan tim asing, yang berpartisipasi yakni Italia, Belgia dan Australia. Selain itu tim dari Jepang, Filipina, Malaysia dan Singapura.

“Banyak tim Eropa yang tertarik turun di Tour de Singkarak. Makanya bisa dipastikan persaingan akan lebih ketat. Hal ini juga menunjukkan kualitas kejuaraan ini meningkat,” katanya.

Menurut dia, selama kejuaraan berlangsung semua pebalap yang turun akan bersaing dengan ketat dan disuguhi dengan keindahan pariwisata di Sumatra Barat seperti Danau Singkarak, Maninjau, Atas Bawah, serta kesenian dan makanan khas seperti rendang.

Start Tour de Singkarak 2014 akan dilakukan di Pasaman Barat dan finis di Kota Padang. Dalam setiap etape, semua pebalap akan dikenalkan dengan budaya dan pariwisata setempat.

SUMBER : antaranews.com – Minggu, 30 Maret 2014 20:03 WIB