• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia

Sumbar Siapkan Even Tour de Singkarak Tahun Ini

130605_tour-de-singkarak

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) membahas persiapan pelaksanaan Tour de Singkarak (TdS) 2014.

Rapat persiapan yang melibatkan kepala daerah se-Sumbar, instansi terkait dan jajaran kepolisian serta sponsor, dipimpin Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim di Padang, Selasa (25/3/2014).

Dalam kesempatan itu, hadir Direktur Promosi Konvensi, Insentif, Event dan Minat Khusus Kementerian Pariwisata dan ekonomi Kreatif RI Rizki Handayani.

Even tahunan Sumbar berskala internasional ini direncanakan akan dilaksanakan pada 7-15 Juni 2014 dengan sembilan etape dan jarak tempuh keseluruhan 1.250 kilometer melewati 18 kabupaten dan kota di provinsi itu.

Wakil gubernur yang sekaligus sebagai Ketua Umum Pelaksana TdS 2014 menyatakan pentingnya tur balap sepeda itu dalam pembangunan sektor pariwisata Sumbar.

Kegiatan balap sepeda internasional dapat menempatkan Sumbar dalam peta destinasi pariwisata dunia melalui iven olahraga skala Internasional itu.

Selain itu, mampu mendorong simpul-simpul objek wisata pada sepanjang rute yang dilalui para pembalap.

“TdS juga dapat meningkatkan mengintegrasi pembangunan lintas sektor dan wilayah kabupaten/kota di Sumbar, serta menggerakkan ekonomi pariwisata di sepanjang wilayah,” katanya.

Justru itu, dalam tahap pelaksanaan kesiapan yang harus dilakukan kesiapan rute/akses jalan. Pada saat ini sudah mencapai 95 persen.

Namun masih terdapat beberapa titik rute yang sedang diperbaiki seperti di Kabupaten Solok, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Tanah Datar. Sedangkan kesiapan akomodasi seperti penginapan yang representatif untuk para peserta tanggung jawab penyelenggara.

Kesiapan pada acara pembukaan dan penutupan seperti pertunjukan kesenian dan tari merupakan item penting, karena peserta TdS mayoritas dari negara asing.

“Dukungan dari pemangku kepentingan provinsi dalam iven seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumbar agar mengkoordinasikan aspek pelaksanaan lomba, baik dengan Kemenparekraf RI,” katanya.

SUMBER : sumatra.bisnis.com –┬áRabu, 26 Maret 2014, 05:21 WIB