• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia

Pesan Peduli Lingkungan dari Tour de Singkarak 2014

Penanaman Mangrove oleh Menparekraf, Gubernur Sumbar,  Executive Chairman TdS, BNI, dan Artha Graha Peduli
Penanaman Mangrove oleh Menparekraf, Gubernur Sumbar,
Executive Chairman TdS, BNI, dan Artha Graha Peduli

Perhelatan Tour de Singkarak 2014, pada 7-15 Juni ini, berlangsung sangat meriah. Tampak dari antusiasme masyarakat yang begitu tinggi dalam kegiatan akbar ini. Promosi pariwisata yang terpadu dalam penyelenggaraan Tour de Singkarak juga diharapkan dapat ikut meningkatkan dan semakin menempatkan Sumatera Barat sebagai destinasi wisata favorit di Indonesia.

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), dalam mendukung Tour de Singkarak 2014, yang merupakan kegiatan berwawasan lingkungan, melakukan kegiatan menjaga kelestarian lingkungan. Pada hari pertama kegiatan atau sebelum Grand start stage 1, berpusat di Pantai Tiram, Padang Pariaman dilaksanakan penanaman Mangrove dan Cemara Laut dalam rangka kegiatan “Satu Milyar Pohon untuk Indonesia”.

Kegiatan itu dilakukan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Executive Chairman Tour de Singkarak, Gubernur Sumatera Barat, Bupati Padang Pariaman, diikuti oleh para atlet, commissaire, media, tim pendukung Tour de Singkarak dan seratus siswa Sekolah Dasar dan Menengah di sekitar Kabupaten Padang Pariaman dengan tujuan menumbuhkan cinta pohon dan lingkungan sejak dini.

“Kegiatan ini sangat selaras dengan Tour de Singkarak karena kegiatan bersepeda merupakan salah satu perwujudan cinta lingkungan” ucap salah satu commissaire Tour de Singkarak 2014, Michael Robb dari Irlandia, dalam keterangan tertulis yang diterima GATRAnews, di Jakarta, Minggu (15/6).

Selaras dengan pernyataan tersebut, Vice President Coorporate Community Responsibility BNI, Nancy Martasuta menambahkan bahwa selaku Bank yang berkomitmen tinggi pada kelestarian lingkungan akan mendukung kegiatan yang berorientasi pada pencegahan pengrusakan lingkungan dan menjaga keseimbangan ekosistem.

Melalui kegiatan ini pula, para atlit sepeda diajak untuk bersepeda dengan tetap menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan disepanjang rute. Di setiap start dan finish, BNI juga membagikan pohon persahabatan atau Tree of Friendship dengan simbolis penyerahan dari pemegang BNI yellow jersey kepada bupati/wali kota setempat.

Sejalan dengan kegiatan tersebut, mitra Tour de Singkarak lainnya yaitu Artha Graha Peduli memanfaatkan event ini untuk mendekatkan program peduli lingkungannya dengan masyarakat setempat khususnya Sumatera Barat. Melakukan pelepasan penyu yang juga diikuti oleh atlit, commissaire, sejumlah pendukung kegiatan, serta masyarakat sekitar, Artha Graha Peduli mengajak untuk menjaga keseimbangan lingkungan terutama ekosistem laut.

Menurut Tony Soesanto, Artha Graha Peduli selalu konsisten dalam usaha-usaha penyelamatan satwa langka dan menjaga keseimbangan ekosistem serta lingkungan. Oscar Pujol Munoz, salah satu atlit dari Spanyol yang merupakan juara Tour de Singkarak 2012 dan kini membela tim Skydive Dubai mengemukakan bahwa kejuaraan Tour de Singkarak ini berbeda dengan kejuaraan balap sepeda lainnya karena menonjolkan sejumlah kegiatan cinta lingkungan yang diharapkan memiliki dampak baik bagi masyarakat dan alam Sumatera Barat.

SUMBER : gatra.com – Minggu, 15 Juni 2014 22:36