• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia

Persiapan Etape II Hampir Rampung

Disporbudpar Lakukan Terobosan

Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporbudpar) sebagai leading sector Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang sebagai tuan rumah etape II iven akbar balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2013 ini, komitmen menyajikan dengan maksimal.

Buktinya, Disporbudpar Padangpanjang telah melakukan serangkaian persiapan hingga hampir rampung. Mulai dari sarana dan prasarana, hingga prosesi penyambutan ratusan pembalap dan official yang akan menginap di kota berhawa sejuk itu.

Kepala Disporbudpar Padangpanjang, Syaiful Bahri menyebutkan persiapan yang dilakukan pihaknya hampir rampung. Terakhir pihaknya telah memastikan sebanyak 265 kamar penginapan yang sesuai dengan standar United Cycle International (UCI).

“Ratusan pembalap TdS nantinya, akan menginap di enam penginapan, yakni di Mifan, Flaminggo, Bungalo, Graha Serambi, Pangeran dan Tripado. Secara kesiapan, kami hampir final. Tinggal menunggu putusan panitia besar terkait fasilitas penginapan yang telah disiapkan sesuai ketentuan,” ungkap Syaiful kepada Padang Ekspres.

Selain itu, untuk keaman perhelatan etape II TdS nanti disebutkannya telah berkoordinasi dengan pihak Polres, Dishubkominfo dan Satpol PP. Sedikitnya 200 personil gabungan akan mengamankan mulai dari kedatangan peserta dan official, hingga dilepasnya pembalap di depan Bank BRI dengan 0 kilometer pacu di depan Balaikota.

“TdS kali ini, Padangpanjang tidak hanya sebagai etape star. Namun juga akan dilewati sebagai rute balap melalui pusat kota Padangpanjang sebelum menuju finish etape II di Pagaruyung. Rutenya kita usulkan mulai dari Simpang Lapan, Simpang PDAM, Serambi Mekkah, Kacangkayu dan Batas Kota arah Batusangkar,” terangnya.

Terobosan Baru
Berbeda dengan pelaksaan sebagai tuan rumah etape TdS tahun-tahun lalu, Disporbudpar Padangpanjang telah mempersiapkan sejumlah terobosan. Dua diantaranya yakni dengan menyeiringkan dengan Padangpanjang Expo 2013 dan menjamu pembalap dengan garden party (pesta taman) di halaman PDIKM.

Khusus penyambutan peserta TdS pada 2 Juni mendatang itu, Syaiful menyebut berencana menjamu peserta dengan makanan nusantara dan western di halaman PDIKM, yang dimeriahkan live band. Pada kesempatan itu, juga akan dilakukan pembagian souvenir atau cendra mata kepada masing-masing peserta berupa pemasangan delta bertuliskan Padangpanjang.

“Ide ini telah kita kaji dan analisa, namun belum diajukan kepada Walikota. Mudah-mudahan ini bisa terlaksana, karena Kasubdib Wilayah I Dirjen Pemasaran Kementerian Parekraf Raseno Arya, ketika bincang-bincang ringan sangat tertarik dengan konsep itu,” ujarnya.

Terkait kesiapan lainnya, pelaksanaan yang diaanggarkan melalui APBD sebesar Rp600 juta tersebut tidak terkendala. Termasuk dalam kondisi rute, Syaiful mengatakan di wilayah tanggung jawab Dinas PU diketahui dalam keadaan baik. Hanya saja beberpa titik jalan nasional, masih butuh perbaikan karena terdapatnya lobang-mobang yang cukup berbahaya.

“Salah satu jalan nasional yang berada paling dekat dengan kota ini, yakni di lokasi Bukit Berbunga. Tikungan di lokasi itu masih dihiasi banyak lobang-lobang yang cukup parah. Ini merupakan wilayah tanggung jawab pihak PU provinsi,” pungkasnya sembari menyebut belum mendapat kepastian waktu star. (wrd)

Tags :