• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia

Penyelenggara fokus benahi keselamatan Tour de Singkarak 2014

penyelenggara-fokus-benahi-keselamatan-tour-de-singkarak-2014

Ajang balap sepeda Tour de Singkarak 2014 di Sumatera Barat bakal dimulai besok. Sekitar 144 pebalap dari 18 tim mewakili sembilan negara ambil bagian dalam perhelatan internasional selama sembilan hari itu.

Menurut pengarah lomba (race director) Sondi Sampoerno, meski kejuaraan tingkat dunia itu sudah digelar selama enam tahun, tapi masih banyak hal dirasa kurang. Di antaranya adalah ihwal tingkat keselamatan (safety) pebalap dan panitia pendukung.

Utamanya adalah para pengatur lomba (commisaire) serta pemandu bersepeda motor (marshall). Sebab, lanjut dia, berkaca dari pengalaman lalu banyak pemandu media bersepeda motor mengalami kecelakaan, atau justru menghalangi jalur pebalap.

“Makanya kita fokus benahi keamanan para marshall, karena justru mereka yang paling sering kecelakaan,” kata Sondi kepada awak media di Padang, Sumatera Barat, Jumat (6/6).

Sondi mengatakan, dalam gelaran kali ini, dia berkali-kali menegaskan supaya para marshall yang memandu awak media, baik itu fotografer atau kamerawan, tetap mengikuti aturan berlaku. Sebab, dia melanjutkan, tidak ingin citra balap sepeda internasional itu jatuh lantaran kacaunya koordinasi para pemandu dan pengawas lomba.

“Kita juga menjaga keselamatan para peserta, panitia, dan para wartawan,” ujar Sondi.

SUMBER : merdeka.com –┬áJumat, 6 Juni 2014 15:54