• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia
Know TdS
Penelitian : Tour de Singkarak Sebagai Instrumen Paradiplomacy Sumatera Barat Indonesia Tahun 2009 – 2012

Penelitian : Tour de Singkarak Sebagai Instrumen Paradiplomacy Sumatera Barat Indonesia Tahun 2009 – 2012

Setiap negara menggunakan berbagai cara dalam mencapai tujuan nasionalnya (national interest). Salah satu cara tersebut adalah dengan diplomasi dan paradiplomacy. Diplomasi merupakan instrumen kebijakan luar negeri yang dibuat oleh suatu negara dalam mencapai kepentingannya. Salah satu bentuk diplomasi dalam bidang kebudayaan adalah menggelar event Tour de Singkarak sebagai ajang promosi Ranah Minang, Sumatera Barat dalam kancah internasional dengan pola sport tourism.

Event ini merupakan salah satu bentuk instrumen paradiplomacy yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. paradiplomacy didefinisikan sebagai diplomasi yang dilakukan pemerintah subnasional dalam hubungan internasional, melalui pembentukan kontak permanen formal dan informal dengan lembaga publik atau swasta asing, dengan tujuan untuk mempromosikan ekonomi sosial, pariwisata budaya atau masalah politik. Dalam proses pengelolaannya melalui paradiplomacy, mencoba memberikan solusi dalam permasalahan yang belum terselesaikan oleh pemerintah pusat.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data diperoleh secara langsung dari penelitian lapangan dengan menggunakan metode wawancara. Dengan pemilihan informan penelitian menggunakan purposive sampling (bukan acak) dimana peneliti menentukan sendiri informan. Hasil penelitian menunjukkan event Tour de Singkarak memberikan dampak positif terhadap sektor infrastruktur, pariwisata dan budaya serta ekonomi politik di Sumatera Barat. Maka Tour de Singkarak sebagai instrumen paradiplomacy dinilai berhasil dan memberikan solusi dalam permasalahan yang belum terselesaikan oleh pemerintah pusat (Indonesia) Kata kunci :Tour de Singkarak, Sport Tourism, Paradiplomacy, Sumatera Barat.