• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia

Pembalap Tour de Singkarak Perebutkan Green Jersey

191311_620

Peserta balap sepeda internasional Tour de Singkarak memasuki etape kedua. Hari ini mereka akan berpacu menempuh rute dari Kabupaten Pasaman menuju Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Sebanyak 127 pembalap dari 18 tim ini akan start pukul 11.00 WIB dari Tugu Equator Bonjol, Pasaman Barat. Kabupaten yang dikenal dengan lintasan garis khatulistiwa (lintang 0) ini merupakan tempat kelahiran pahlawan nasional Tuanku Imam Bonjol.

Pembalap dari 23 negara ini akan mengayuh sepeda sejauh 123,5 kilometer. Di Etape kedua ini akan dipimpin Kohei Uchima, pembalap asal Jepang, yang akan mengenakan rompi kuning.

“Berat mempertahankannya. Tapi saya akan berusaha,” ujar Kohei Uchima dari Japan Cycling Federation ini, Ahad, 8 Juni 2014.

Pada etape ini, ada tiga titik sprint untuk memperebutkan green jersey, yakni di kilometer 16 di Pasar Sentral, kilometer 45 di pemandian air panas, dan kilometer 93 di Talamau.

Pembalap dari United Arab Emirates Cycling Federation, Ahmed Mirza Alhammadi, optimistis mempertahankan rompi hijaunya. Pada etape sebelumnya, Mirza meraih 12 poin.

Berbeda dengan sebelumnya yang tak memiliki tanjakan, etape kali ini ada tiga tanjakan. Pembalap akan memperebutkan King of Mountansi (KoM) level 3 di kilometer 5. Lalu, KoM level 2 di kilometer 55,4 di Rimbo Panti dan KoM level 4 di kilometer 82.

Juara Tour de Singkarak 2012, Oscar Munoz Pujol, berambisi meraih poin di tiga tanjakan ini. Pembalap asal Spanyol ini melirik rompi polkadot.

“Kami akan rebut jersey polkadot di etape ini,” ujar pembalap dari tim Skydive Dubai Pro Cycling Team ini.

Pujol juga berambisi meraih rompi kuning di etape ini. “Kita akan bangun lagi komunikasi yang baik di tim ini. Tetap berusaha agar bisa menjadi yang tercepat,” ujarnya.

Menurut dia, tantangan terbesar adalah semua orang ingin menang. “Tiap tahun semua berjuangan ingin jadi juara,” ujarnya.

Untuk klasifikasi pembalap ASEAN, Aiman Cahyadi dari Indonesian National Team masih berada di posisi teratas dengan total waktu 2 jam 11,50 menit. Disusul Dadi Suryadi dari Pegasus Continental Cycling Team dengan waktu 2 jam 11,54 menit.

Rute yang akan dilalui adalah Lubuk Sikaping, Stasiun, Gas Arch, Pandakan, Salibawan, Ampang Gadang, dan Panti. Lalu, pemandian air panas, Rimbo Panti, Muara Tombang, Cubadak, Silalang, Talamau, Basanding, Kajai, Panagar, Padang Tujuh, dan Simpang Empat.

Tantangan yang akan dihadapi pembalap di rute ini adalah jalan yang berliku-liku dan beberapa tanjakan tajam.

Etape ini akan diikuti 127 pembalap dari 131 pembalap yang sebelumnya berjuang di etape pertama. Ada empat pembalap yang tak masuk finis pada etape pertama. Mereka adalah Tarig Obaid dari Skydive Dubai Pro Cycling, Ronal Oranza (LBC MVP Sport Cycling Team), Hassan Sultan Alhamadi (United Arab Emirates Cycling Federation), dan Selamat Jungga (Custom Cycling Club).

SUMBER : tempo.co – MINGGU, 08 JUNI 2014 | 09:14 WIB