• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia

Pembalap Jepang Juarai Etape I Tour de Singkarak

oqRes7kiO3

Etape I balap sepeda Tour de Singkarak 2014 yang dimulai dari depan Kabupaten Padang Pariaman dan finis di Pantai Gondoriah, Kota Padang, Sumatera Barat. Trek yang menempuh jarak 98,5 KM ini dimenangkan oleh pembalap Jepang, Kohei Uchima dari tim Japan Cycling Federation (JCF), Sabtu (7/6/2014).

Kohei menempuh waktu selama 2 jam, 11 menit, 51 detik, urutan kedua direbut Yousif Mohammed Ahmed Mirza Alhammadi dari Arab, dengan tim United Arab Emirates Cycling Federation (UAE). Waktu tempuh yang dicatat 2 jam, 11 menit, 54 detik.

Urutan ketiga diraih Oscar Pujol Munoz dari Spanyol dengan tim Skydive Dubai Pro Cycling Team (SKD), Pujol ini mengayuh sepedanya dengan waktu yang sama dengan Yousif, 2 jam, 11 menit, 54 detik.

Dengan meraih posisi pertama, Kohei Uchima mendapat penghargaan bergengsi baju kuning atau Yellow Jersey. Sementara baju Green Jersey atau adu kecepatan di tiga titik disabet oleh Yousif Mohammed Ahmed Mirza Alhammadi dengan poin 12.

Untuk kelas pembalap Asia yang memperoleh penghargaan Red and White Jersey diraih oleh Aiman Cahyadi dari Indonesia, sementara timnya Indonesia National (INA) dengan waktu tempuh, 2 jam, 11 menit, 50 detik.

Menurut Kohei Uchima, tahun 2010 lalu dia ikut dalam laga balap sepeda ini di sini, namun dia tidak mendapat juara apa-apa. “Dari sana saya terus berjuang dam akhir etape ini saya menangkan,” ujarnya

Awalnya timnya ini pecah dan ada delapan orang yang mengejarnya dibelakangnya. “Tapi saya dengan sekuat tenaga mendayung sepeda untuk mendapatkan baju yellow jersey ini,” ujarnya.

Sementara Oscar Pujol Munoz, juaran umum TDS tahun 2012 lalu sempat panas untuk mengalahkan Kohei. “Saya sudah mencoba mengejarnya, tapi ada delapan orang yang juga ikut mengejar, akibatnya konsentrasi saya terganggu,” ujarnya.

Untuk juara 1 yang diperoleh Kohei Uchima mendapat hadiah Rp 21,8 juta, juara 2, Yousif Mohammed Ahmed Mirza Alhammadi mendapat hadiah Rp12 juta. Sementara juara 3, yang diraih Oscar Pujol Munoz mendapat uang tunai Rp5,7 juta.

Sedangkan untuk Etape II Tour de Singkarak pada 8 Juni 2014 besok, start dilakukan di Bonjol, Kabupaten Pasaman dan finish di Kabupaten Pasaman, dengan jarak tempuh 123,5 KM. Untuk Etape II akan lebih susah dibanding tahap I.

SUMBER : okezone.com –┬áSabtu, 07 Juni 2014 18:03 wib