• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia

Pelaksanaan Tour de Singkarak Semakin Dekat

Persiapan Sarana dan Prasarana

Padang Today  Berita Hiburan  Jumat, 17/05/2013 – 13:38 WIB  Redaksi Padang-today  141 klik

Pelaksanaan Tour de Singkarak (TdS) 2013 tinggal 20 hari lagi. Berbagai sarana prasarana fasilitas TdS yang akan dilalui di wilayah Kab. Padang Pariaman dikebut pengerjaannya. Hal ini terungkap dalam rapat persiapan menghadapi TdS yang dipimpin langsung Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni di ruang rapat Bupati di Parik Mailntang, Selasa (14/5).

Hampir semua anggota panitia TdS terlihat hadir memenuhi ruang rapat yang berukuran 4 x 6 m termasuk Wabup Damsuar dan Plh. Sekda Jonpriadi.

Dalam sambutan pembukaan rapat Bupati selalu mengingatkan kepada panitia yang juga Kepala SKPD dan Camat di lingkungan Pemkab Padang Pariaman untuk menyiapkan segala sesuatu berkaitan dengan TdS sesuai tupoksi masing-masing.

Persiapan khusus yang menjadi perhatian Bupati dan peserta rapat adalah kesiapan sarana jalan. Menurut laporan Kepala Dinas PU Asmi, pengaspalan jalan dari Simpang Pasa Dama sampai kantor Bupati sudah mendekati 80%.

Sementara itu di tempat terpisah, Kabag Umum Dalinus menambahkan bahwa di kantor Bupati juga sedang dilakukan penanaman pohon pelindung dan tanaman untuk memperindah halaman kantor yang akan dijadikan lokasi star Stage 7.

Kepala Dishub & Kominfo Budi Utama menyampaikan laporan bahwa mereka sudah siap mensukseskan alek TdS dalam kaitan pembenahan dan penambahan rambu rambu marka jalan serta bahu jalan sepanjang jalur yang akan dilalui pebalap TdS.

Kepala Disporabudpar Bahari sebagai penanggung jawab utama pelaksanaan TdS di Padang Pariaman memaparkan persiapan yang telah dilaksanakan termasuk koordinasinya dengan panitia pusat serta survei panitia pusat terhadap kesiapan Padang Pariaman.

Selain itu, Bahari mengatakan bahwa pada saat acara, Padang Pariaman akan menampilkan kesenian khas Padang Pariaman dan menggelar pameran produk produk khas Padang Pariaman.

Satpol PP, Kepolisian dan TNI pun telah menyiapkan petugas untuk mengamankan jalur TdS di titik-titik rawan sepanjang Stage 3, 6 dan 7.

Kepada Camat, Wali Nagari dan Tokoh Masyarakat diminta untuk mesosialisasikan pelaksanaan TdS ini kepada masyarakat agar ikut serta mensukseskan helat akbar di Sumbar salah satunya dengan tidak menjadwalkan acara baralek dengan memakai bahu jalan pada hari pelaksanaan.

Seperti diketahui Padang Pariaman akan dilalui pebalap sepeda peserta TdS melalui 3 stage (etape) yaitu: Stage 3: Padang Panjang-Kayu Tanam-Sicincin-Koto Mambang-Sungai Sariak-Balah Aia-Pariaman-Sungai Limau-Batang Gasan-Lubuk Basung-Kelok 44-Padang Panjang-Batusangkar. Stage 6: Pariaman-Kurai Taji- Pauh Kamba-Sintoga-Lubuk Alung-Batang Anai-Padang. Stage 7: IKK-Pasa Dama-Lubuk Alung-Batang Anai-Padang-Painan.

Di akhir rapat, Bupati menegaskan kembali kepada semua yang hadir untuk bersama-sama mensukseskan TdS. Sukses TdS di Padang Pariaman adalah sukses seluruh aparatur pemerintah dan masyarakat Padang Pariaman dan Sumbar. “Semua mata dunia akan tertuju ke Padang Pariaman. Perlihatkan bahwa Padang Pariaman adalah daerah yang nyaman, aman dan pantas untuk dikunjungi,” tutup Ali Mukhni mengakhiri.(*)