• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia

Para Pembalap Tour de Singkarak Makin Kokoh

ddty

Memasuki tiga etape terakhir jelang berakhirnya Tour de Singkarak (TdS) 2014, sudah mulai terlihat siapa pembalap dan tim yang akan keluar sebagai juara (TdS) tahun ini. Pasalnya, melihat dari klasemen umum tim, gap waktu yang dihasilkan antara peringkat pertama Pishgaman Yadz dengan para pesaingnya cukup jauh.

Hal ini bisa dilihat dari catatan klasemen umum individu terakhir di etape ketujuh ini, dimana dari delapan pembalap Pishgaman, empat di antaranya berhasil masuk ke posisi 10 pembalap tercepat. Amir Zargari, kemarin tetap kokoh mempertahankan jersey Kuningnya sejak etape ketiga. Dia menjadi pembalap tercepat dengan 21 jam 23 menit 18 detik hingga kemarin.

Selain Amir, pembalap Pishgaman lainnya yang semakin mengokohkan posisi tim asal Iran tersebut adalah Rahim Emami yang di klasemen umum penorangan berada tepat di bawah Amir dengan selisih waktu 1 menit 27 detik. Lalu, ada Arvin Moazemi dan Ramin Mehrbaniazar yang berada di posisi keempat dan lima.

Melihat dari raihan waktu total dari para pembalap Pishgaman itu, Direktur Perlombaan Sondi Sampurno menuturkan kemungkinan besar Pishgaman yang akan keluar sebagai juara umum. Kendati, menurutnya, biasanya etape penentuan itu adanya di etape kedelapan.

“Secara catatan waktu, mereka memiliki gap yang cukup jauh dengan tim lainnya. Hingga besok (hari ini -Red.) mereka tinggal bertahan di grup terdepan jika ingin keluar sebagai juara. Tapi kalau melihat dari waktu kayaknya mereka sudah sulit terkejar. Terlebih lagi di etape kedepan nanti, merupakan harinya climber, sesuai dengan tipikal pemain Iran,” ucapnya usai pemberian hadiah etape ketujuh TdS 2014 di Kantor Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Jumat (13/6/2014).

Etape kedelapan besok memang akan menjadi harinya climber. Pasalnya dari jalur sejauh 167 km itu, akan ada tiga tanjakan (KOM) dengan kategori 4 di Sawah Lunto, kategori 1 di bukit sile, dan kategori 2 di sangir padang aro.

Sementara itu, pada balapan kemarin, yang merupakan rute terjauh di TdS tahun ini 167,5 km dari Sijunjung – Dharmasraya, pembalap Australia dari tim Avanti Racing Team, Jones Brenton untuk pertama kalinya berhasil naik podium. Dia menyisihkan Mehdi Sohrabi dari Tabriz Petrochemical Team dan Mark Julius Bordeos dari Team 7 Eleven Pro Cycling Team. Mereka bertiga sama-sama membukukan waktu 4 jam 2 detik.

Pada 67,5 km jelang garis finish sebenarnya, pembalap terdepan bukanlah mereka bertiga, namun Cris Joven (T7E), Kamnabi Jahanbanian (Tabriz Shahrdari Rangking), Shu Ming (Team Gusto), dan Toshiki Omote (Japan Cycling Team). Mereka menjadi pembalap terdepan dengan menciptakan gap waktu 2 menit 15 detik dengan pleton besar yang menempel di belakang mereka.

Namun, memasukin 4 km jelang garis finish, pleton berhasil mengejar empat pembalap terdepan tersebut. Kecelakaan yang terjadi di pleton, senggolan antar pembalap yang menyebabkan pembalap Iran terjatuh, membuat keempat pembalap tersebut akhirnya tersalip oleh Jones, Mehdi, dan Mark hingga akhirnya masuk finish terlebih dahulu.

Untuk perebutan jersey Merah Putih, kendati Dadi Suryadi dari Pegasus Continental Cycling Team tidak berhasil masuk dalam 10 pembalap tercepat kemarin, namun dia tetap mempertahankan gelarnya sebagai pembalap Asia Tenggara tercepat untuk keenam kalinya. Dengan total waktu 21 jam 29 menit 56 detik, Dadi lebih cepat 3 menit 46 detik dari Bambang Suryadi yang di etape kemarin menempati posisi ke tujuh.

Untuk gelar raja tanjakan, Ramin lagi-lagi tidak memiliki lawan. Untuk ketiga kalinya, dia mempertahankan kaus polkadot setelah mengumpulkan total poin 26. Jauh di atas lawan-lawannya, Junrey Navarra (LBC MVP Sports Cycling) dan Sajjad Sabouri (TPT) yang hanya membukukan 18 poin.

Perubahan pemegang jersey hanya terjadi di kompetisi spint. Dari tiga jalur sprint di etape ini, Cris Joven (T7E) kembali merebut kuas Hijau dari tangan Arvin yang di etape sebelumnya menang. Cris mengumpulkan poin 35, sedangkan Arvin dengan raihan 20 poin.

SUMBER : pikiran-rakyat.com –┬áJumat, 13/06/2014 – 13:54