• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia

Mengapa kita Harus Dukung Tour de Singkarak?

Apa saja yang jadi penilaian setiap iven balap sepeda oleh Organisasi Internasional Balap Sepeda (UCI)

Uni Sepeda Internasional (Perancis: Union Cycliste Internationale) adalah induk organisasi internasional olahraga sepeda. Organisasi ini diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC). Organisasi ini bermarkas di Aigle, Swiss. Hingga tahun 2011, organisasi ini terdiri dari lebih dari 100 anggota.

Menurut Advisor UCI, Jamaludin Mahmood :
1. teknis pengelolaan lomba seperti hubungan antara organizer dan tim peserta serta organizer dan commissaire.

“Di sini UCI melihat bagaimana penyelenggara mampu membangun komunikasi dengan peserta dan tim penilai sehingga perlombaan bisa berjalan dengan rapi,” papar Jamaludin.

2. Dilihat bagaimana keamanan selama berlangsungnya perlombaan.
Dilihat bagaimana keamanan selama berlangsungnya perlombaan. Yakni terjaganya keamanan sepanjang jalur yang dilalui peserta dan koordinasi lintas aparat keamanan yang terlibat mulai dari Kepolisian, TNI, dan dinas terkait.
3. Promosi ajang balap sepeda internasional melalui media massa.
Ketiga, yang juga menjadi kriteria penilaian adalah promosi ajang balap sepeda internasional melalui media massa.

“Biasanya tim UCI langsung memantau lewat media-media di setiap akhir etape. Jadi langsung terpantau berapa banyak berita yang muncul, semakin banyak semakin baik penilaiannya,” ujar Jamal.

4. Bagaimana event ini bisa membawa dampak positif bagi masyarakat, misalnya perputaran ekonomi dan infrastruktur.

Keempat, juga dilihat bagaimana event ini bisa membawa dampak positif bagi masyarakat, misalnya berputarnya perekonomian masyarakat saat event berlangsung, infrastruktur jalan yang semakin membaik dan menumbuhkan kebanggaan bagi warga.

“Jalan yang bagus kan tidak hanya dirasakan oleh peserta balap sepeda tapi juga dinikmati oleh masyarakat untuk jangka panjang. Begitu juga transaksi jual beli saat event berlangsung, membuat ekonomi masyarakat bergerak,” tutur Jamal.

(dirangkum dari berbagai sumber)

Tags :