• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia

Mari Elka ingin Tour de Singkarak bisa seperti Tour de France

mari-elka-ingin-tour-de-singkarak-bisa-seperti-tour-de-france

Ajang balap sepeda Tour de Singkarak 2014 resmi dibuka pada Jumat (6/6) malam. 18 Tim bakal unjuk gigi mengarungi lintasan sepanjang 1.250 kilometer.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, menyatakan senang kompetisi balap sepeda Tour de Singkarak kembali digelar. Dia bahkan bermimpi gelaran itu di masa mendatang bisa menyamai pamor Tour de France.

“Saya berharap Tour de Singkarak bisa seperti Tour de France,” kata Mari saat memberi sambutan pada pembukaan Tour de Singkarak 2014 di Pantai Tiram, Padang Pariaman.

Meski sempat diguyur hujan, acara pembukaan tetap semarak. Di pengujung, para pengunjung beserta tamu dan undangan dihibur dengan atraksi kembang api dan pertunjukan grup band Nidji.

Mari Elka ingin supaya gelaran Tour de Singkarak bukan cuma diisi kegiatan kompetisi saja. Tetapi juga sebagai upaya mempromosikan wilayah Sumatera Barat menjadi tujuan wisata nasional dan internasional.

“Karena Tour de Singkarak sudah menjadi ajang balapan sepeda internasional yang masuk kalender internasional. Hal tersebut juga memantapkan Sumatera Barat sebagai destinasi wisata bertaraf internasional,” ujar Mari Elka.

Tour de Singkarak 2014 digelar pada 7 sampai 15 Juni akan menjelajahi sembilan etape (stage) dalam sembilan hari. Peserta wajib menjelajahi lintasan di 18 kabupaten di Sumatera Barat. Kompetisi ini memperebutkan hadiah sebesar Rp 1,3 miliar. Ada 18 tim dengan pebalap dari 23 negara bakal bertanding di ajang ini. Para pebalap itu berasal dari Indonesia, Malaysia, Tunisia, Selandia Baru, Thailand, Australia, Iran, Singapura, Argentina, Spanyol, Taiwan, Uni Emirat Arab, Brunei Darussalam, Belanda, Korea Selatan, Amerika Serikat, Inggris, Filipina, Maroko, Moldova, dan Jepang.

 

SUMBER : merdeka.com –┬áSabtu, 7 Juni 2014 03:53