• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia

Kota “Tabuik” Pariaman Jadi Titik Awal Tour de Singkarak 2014

DdXPOTWARZ

Ajang Tour de Singkarak kembali diadakan tahun ini, tepatnya pada 7-15 Juni 2014. Kali ini, Pariaman akan jadi titik awal ajang perlombaan sepeda tingkat internasional tersebut.

Peluncuran Tour de Singkarak 2014 berlangsung di Basko Grand Mall, Padang, Sumatera Barat, dan dihadiri Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sekaligus penggagas dan Executive Chairman Tour de Singkarak, Sapta Nirwandar. Hadir pula Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, sejumlah pejabat pemerintah kabupaten/kota di Sumbar, PB ISSI, serta Karma Wi Bangga sebagai promotor event ini.

“Kami bangga dengan terpilihnya Pariaman sebagai kota Grand Start Tour de Singkarak 2014. Mari kita semua sukseskan Tour de Singkarak tahun ini,” kata Sapta, seperti dikutip dari laman Indonesia.Travel, Kamis (3/4/2014).

Pariaman adalah sebuah kota yang masuk dalam kawasan Kabupaten Padang Pariaman. Pariaman merupakan kota di pesisir pantai Samudra Hindia, sebelah utara Kota Padang.

Kota ini terkenal dengan Festival Tabuik, yaitu festival memperingati Hari Asyura (10 Muharram) dan untuk mengenang cucu Nabi Muhammad, Sayidina Hassan bin Ali. Festival ini biasanya berlangsung di Pantai Gondoriah, dan diikuti ribuan turis dari penjuru Sumatra Barat juga Indonesia.

Tour de Singkarak 2014 sendiri akan meliputi 9 etape/stage dalam sembilan hari pelaksanaannya. Sebanyak 18 kabupaten/kota akan terlibat tahun ini. Jarak tempuh dalam lomba balap sepeda kali ini lebih panjang, yaitu mencapai 1.250 km.

SUMBER : ns1.kompas.web.id – Kamis, 3 April 2014 – 15:18 wib