• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia

Kelok 44 Rute Paling Menantang

jj

Iven balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2014 memasuki etape IV menempuh rute Bukittinggi-Puncak Lawang, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, sejauh 165 km. Para pebalap bakal ditantang menyelesaikan etape yang melewati Kelok 44 tersebut.

“Hari ini Agam akan menjadi tempat finish etape IV. Start sendiri berlangsung di Kota Bukittinggi sekitar pukul 10.00 WIB. Diperkirakan pebalap pertama memasuki wilayah Agam sekitar pukul 13.00,” kata Kapolres Agam, AKBP Asep Ruswanda, saat gelar pasukan pengamanan TdS di halaman Polres Agam, kemarin (9/6).

Agar tidak mengganggu jalannya balapan, Polres Agam akan menutup jalan yang dilalui peserta TdS. “Jalan yang dilalui peserta itu akan ditutup sekitar 2 jam lebih. Namun, sterilisasi jalur akan berlangsung sekitar 1 jam. Jalan akan kembali dibuka setelah seluruh pebalap melintas,” ujarnya.

Untuk mengamankan TdS kali ini, Polres Agam menyiapkan 207 personel yang disebar di seluruh wilayah hukum Polres Agam. Meliputi, perbatasan Agam dengan Padangpariaman, sampai finish di Matur. “Personel akan kita tempatkan di setiap persimpangan dan Kelok 44. Jumlah ini belum termasuk tambahan personel dari TNI, Satpol PP, Dishubkominfo Agam, serta BPBD. Total, lebih dari 400 orang personel yang akan disiapkan,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi terjadi pohon tumbang seperti tahun lalu atau longsor, Polres Agam berkoordinasi dengan SKPD terkait. Pihaknya bersama dengan SKPD terkait, akan menyiagakan alat berat, mesin pemotong kayu dan mobil derek. “Kita tidak punya mobil derek. Untuk itu, kita berkoordinasi dengan SKPD terkait guna menyiagakan truk sampah di lokasi yang dinilai rawan,” ulasnya.

Sementara, Bupati Agam Indra Catri mengimbau kepada masyarakat Agam untuk mensukseskan TdS. “Mari kita sukseskan TdS ini. Saya berharap masyarakat beramai-ramai menyaksikan TdS dengan catatan tetap menjaga keselamatan. Melalui iven TdS tahun 2014 kali ini, kita mendapat kehormatan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta ISSI Pusat, sebagai tuan rumah finish etape IV di Lawang Park tanggal 10 Juni 2014,” katanya.

Jarak tempuh dilalui TdS pada etape IV sepanjang 165 km mulai dari Bukittinggi, Kecamatan Banuhampu, Sungaipua, Padangpanjang, Sicincin, Sungailimau, Batubasa, Padanglariang, Lubukbasung, Maninjau, Kelok 44, Matur dan finish di Lawang Adventure Park. Pada etape IV ini, para pebalab akan melalui lima kecamatan dan 16 nagari. Sedangkan etape V, melalui Kecamatan Baso dan tiga nagari.

Untuk pelaksanaan TdS 2014 di Kabupaten Agam, menurut Indra Catri, dari sisi keamanannya perlu disikapi secara sungguh-sungguh. Antara lain, mengawasi dan mengamankan pelaksanaan seluruh rangkaian acara TdS.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang menonton, maupun berkendaraan agar pada pelaksanaan TdS bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan di sepanjang jalur yang dilewati pebalap TdS. Di samping itu, perlu kita waspadai bersama-sama ternak-ternak yang berkeliaran atau melintas saat pebalap melewati jalur TdS. Itu semua akan membahayakan para pebalap,” kata mantan Kepala Bappeda Kota Padang ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Agam, Junaidi mengatakan, pada etape IV peserta bakal menguras tenaga seiring beratnya medan. “Kelok 44 merupakan daerah perbukitan berada di atas Danau Maninjau. Ini akan menjadi tantangan bagi pebalap TdS,” katanya.

Untuk memeriahkan TdS, Kelok 44 akan dihiasi dengan umbul-umbul dan setiap kelok ada taman bunga, sehingga akan terlihat indah dan asri. Para peserta bakal mencapai finish Lawang Adventure Park diperkirakan sekitar pukul 13.00, dan bakal dijamu pada Lawang Adventure Park.

“Etape IV ini sangat spesial menurut kami, di mana Pemkab Agam sangat serius menyukseskan iven tahunan ini. Saat ini persiapan sudah mencapai hampir 100 persen,” katanya.

SUMBER : padangekspres.co.id –┬áSelasa, 10-06-2014 | 11:30 WIB