• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia
News
Etape Tour de Singkarak 2021, Diusulkan Berkurang

Etape Tour de Singkarak 2021, Diusulkan Berkurang

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melalui Dinas Pariwisata memastikan, event balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2021 bakal kembali digelar.

“Jadwal TDS sudah didaftarkan ke Union Cycliste Internationale (UCI), kita dapat jadwal 4-12 September 2021,” sebut Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial seperti dikutip dari tribunpadang.com

“Cuma, karena memang ada pengurangan etape kita usul lagi supaya dikurangi 4-10 September, tapi belum ada jawaban,” tutur Novrial saat ditemui, Senin (8/3/2021).

Ada Etape Khusus Komunitas

Ia menambahkan, pelaksanaan TdS ini rencananya digelar 5 etape race dan 2 etape Grand Fondo. Etape race itu balap seperti biasa, sementara etape grand fondo untuk komunitas sepeda balap.

“Nanti kita buka slot-nya sekian, slot ini belum disepakati, nanti mereka akan ikut race juga tapi pada race yang berbeda,” jelas Novrial.

Novrial menyebut, jalur yang akan dilewati dari Kota Padang-Harau Limapuluh Kota, Kemudian Limapuluh Kota-Solok dan ada city race di Singkarak. Selanjutnya, Solok-Padang dan juga ada city race nantinya di Padang.

Jambi Ikut, Riau dan Bengkulu Belum Respon

Terkait keikutsertaaan provinsi tetangga, Novrial mengatakan sampai saat ini yang menyatakan ikut ialah Sungai Penuh dan Kerinci, Jambi.

Sementara Riau dan Bengkulu sudah disurati, namun belum memberi respon. “TdS sebelumnya kita adakan sampai 9 etape, sekarang hanya ada 5 etape, ada pengurangan 4 etape,” ungkap Novrial.

Novrial merinci, sampai saat ini ada beberapa peserta yang sudah mendaftarkan diri di antaranya Kazakhstan, China, Malaysia, dan Iran.

Jumlah peserta nanti akan terus bertambah secara sendirinya melalui pendaftaran online.

Protokol Kesehatan Ketat

Novrial menegaskan, kegiatan TdS 2021 di masa pandemi harus dilaksanakan sesuai protokol kesehatan. Pembalap, official, dan panitia harus punya sertifikat vaksin. Kemudian di saat akan race juga melakukan PCR atau swab antigen.

Novrial, Kadispar Sumbar

Penonton yang masuk pakai register online ke venue start finish dan akan diberikan fasilitasi swab antigen atau swab antibody biasa. “Kita gelontorkan anggaran dari APBD sekitar Rp 7 miliar. Dari pusat belum tahu, masih tentatif, tapi Menteri janji bantu.”

“Sementara, kabupaten kota biasanya ada dukungan akomodasi hadiah dan makan. Itu fleksibel,” tutup Novrial. (*)

Tags :