• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia

Dua tim asing batal berlaga di Tour de Singkarak 2014

dua-tim-asing-batal-berlaga-di-tour-de-singkarak-2014

Ajang balap sepeda Tour de Singkarak 2014 di Sumatera Barat bakal dimulai besok. Sekitar 144 pebalap dari 18 tim mewakili sembilan negara ambil bagian dalam perhelatan internasional selama sembilan hari itu.

Namun, jumlah pebalap turun itu ternyata berkurang dari perkiraan awal. Sebabnya, dua tim nasional dari Mongolia dan Uzbekistan batal beradu cepat mengayuh pedal di gelaran itu.

“Ada dua tim yang mundur. Tim nasional Uzbekistan dan Mongolia,” kata pengarah balap (race director) Tour de Singkarak 2014, Sondi Sampoerno, kepada awak media di Padang, Sumatera Barat, Jumat (6/6).

Menurut Sondi, kedua tim itu mengalami kendala berbeda. Dia mengatakan, beberapa pebalap sepeda dari tim nasional Uzbekistan cidera dan tidak bisa mengikuti perhelatan. Sementara itu, lanjut dia, tim nasional Mongolia tidak bisa ikut karena mereka memilih berlomba di ajang Tour de Korea.

Sondi mengaku bisa memahami hal itu. Dia mengatakan, pada Mei hingga Juni memang sangat padat dengan jadwal perlombaan.

“Ini memang peak time balap sepeda. Tim Mongolia memilih ikut lomba Tour de Korea karena sudah mendaftar lebih dulu, dan mereka terkendala cuaca,” ujar Sondi.

Namun, Sondi yakin perlombaan Tour de Singkarak tetap menyajikan persaingan menarik. Sebab, tim-tim itu juga kerap bersaing di ajang bergengsi Tour de France dan Giro d’Italia.

Dari daftar tim diterima pewarta, setidaknya ada sembilan negara ikut serta dalam perlombaan memperebutkan hadiah sebesar Rp 1,3 miliar itu. Dari Australia diwakilkan oleh tim Avanti Racing Team. Sementara dari zona Asia dan Asia Tenggara, ada enam negara ikut berkompetisi. Filipina menurunkan dua tim terbaiknya, LBC-MVP Sports Foundation Cycling Team dan Team 7 Eleven Road Bike Philipines.

Singapura hanya menerjunkan satu tim dalam ajang Tour de Singkarak, yakni OCBC Singapore Continental Cycling Team. Sementara Malaysia menerjunkan tim nasional dan kontinentalnya, yaitu Terengganu Cycling Team dan Malaysian National Cycling Federation. Sedangkan Jepang menerjunkan tim nasionalnya, Japan National Team. Kemudian Taiwan diwakili oleh Team Gusto.

Sementara Indonesia sebagai tuan rumah menerjunkan empat tim, paling banyak di antara negara lain. Mereka adalah tim kontinental Pegasus Continental Cycling Team, Binong Baru Club Pessel, Custom Cycling Club, dan BRCC Banyuwangi Club.

Dari kawasan Timur Tengah, dua tim dari Uni Emirat Arab ikut berkompetisi. Yaitu tim kontinental Skydive Dubai Pro Cycling Team dan United Arab Emirates Cycling Federation. Sementara Iran, yang masih menjadi tim terkuat dalam ajang Tour de Singkarak, diwakilkan oleh tiga tim. Mereka adalah Pishgaman Yazd, Tabriz Petrochemical Team, dan Tabriz Shahrdari Ranking. Pebalap andalan Tabriz Petrochemical, Ghader Mizbani, tiga kali juara balapan itu.

SUMBER : merdeka.com –┬áJumat, 6 Juni 2014 | 12:50 WIB