• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia

Bukittinggi perbaiki jalur Tour de Singkarak

20140607tour-de-singkarak2

Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, memperbaiki ruas jalan yang bakal dilewati pebalap Tour de Singkarak (TdS) pada 7-15 Juni 2014, agar mereka nyaman saat bertanding.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bukittinggi Eldi Efra didampingi Kepala Bidang Prasarana Jalan dan Jembatan Syafriyaldi, di Bukittinggi, Sumbar, Sabtu, mengatakan, perbaikan jalan itu salah satunya dengan melapisi jembatan besi di samping taman makam pahlawan dengan papan triplek.

“Kalau tidak kami lapisi jembatan tersebut akan berpotensi pada kerusakan ban sepeda para pebalap karena besi jembatan sepanjang satu meter itu terlalu melengkung,” katanya.

Setelah perbaikan itu, katanya, secara umum jalur jalan bakal dilewati pebalap TdS sudah aman dilalui.

“Kami menjamin seluruh jalur jalan yang akan dilewati pebalap TdS sudah dalam keadaan mulus,” katanya.

Dalam TdS 2014, Bukittinggi menjadi lokasi etape IV dengan star di pelantaran Jam Gadang tepatnya depan BRI terus menuju jalan A. Yani, (bawah Jembatan Limpapeh) menuju Simpang Tembok, terus ke Jalan Veteran, Jirek, Luak Anyir, Kantor Balai Kota, Jalan Raya By Pass.

Selanjutnya, katanya, menuju Simpang Surau Gadang terus Jalan Mandiangin, Simpang Mandiangin, Jalan Soekarno Hatta menuju depan Masjid Baitul Jalal terus melewati rumah kelahiran Bung Hatta terus ke Pasar Banto, Jalan Pemuda, Jalan Kesehatan, Jalan A. Rivai (depan RSAM), Jalan Panorama menuju Simpang DPRD terus ke Simpang Kangkung, Jalan Sudirman menuju batas kota dan finis di Puncak Lawang, Kabupaten Agam.

Lomba balap sepeda tersebut dimulai dari 7 – 15 Juni 2014 dengan rute 18 Kabupaten/kota dengan sembilan etape. Grand start TDS etape pertama (116 Km) pada 7 Juni di Kabupaten Padang Pariaman dan finis di Kota Pariaman.

Etape II (133 Km) pada 8 Juni, start di Pasaman dan finis di Pasaman Barat. Etape III (133 Km) pada 9 Juni dengan start Limapuluh Kota dan finis di Tanah Datar.

Untuk etape IV (181 Km) pada 10 Juni 2014, start di Kota Bukittinggi dan finish di Puncak Lawang Kabupaten Agam. Etape V (135 Km) pada 11 Juni start di Payakumbuh dan finis di Kabupaten Solok.

Etape VI (135 Km) pada 12 Juni start di Padangpanjang dan finis di Kota Solok. Etape VII (115 Km) pada 13 Juni start di Sijunjung dan finis di Dharmasraya. Etape VIII (177 Km) pada 14 Juni start di Sawahlunto dan finis di Solok Selatan dan etape IX (125 Km) pada 15 Juni dengan start di Pesisir Selatan dan finis di Padang.

SUMBER : antaranews.com – Minggu, 8 Juni 2014 04:56 WIB