• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia

Artha Graha Peduli Ramaikan Tour de Singkarak 2014 dengan Acara Tanam Pohon

1402734218

Dalam mendukung Tour de Singkarak 2014 yang merupakan kegiatan berwawasan lingkungan, Artha Graha Peduli yang merupakan mitra Tour de Singkarak 2014 menggunakan kesempatan itu untuk mendekatkan program peduli lingkungan dan sosialnya kepada masyarakat setempat, khususnya di Sumatera Barat (Sumbar).

Tour de Singkarak (TDS) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan di Sumbar yang dimulai sejak tahun 2009 hingga saat ini.

Penyelenggaran TDS tahun 2014 berada di 18 kabupaten Sumbar. Dimulai pada 7-15 Juni, “grand opening” acara tersebut digelar pada Jumat (6/6) silam di Pantai Tiram, Padang Pariaman.

Namun ada yang spesial pada tahun ini yaitu adanya kehadiran airshow selama satu jam yang berlangsung dalam tujuh pertunjukan pesawat udara dari AURI.

Pada tanggal 7 Juni 2014 atau sebelum Grand start stage 1 yang berpusat di Pantai Tiram, Padang Pariaman, dilaksanakan penanaman mangrove, cemara laut dan pelepasan penyu yang merupakan satu rangkaian kegiatan “Satu Milyar Pohon untuk Indonesia”.

Kegiatan itu dipimpin Mari Elka Pangestu selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang juga menjabat sebagai Executive Chairman Tour de Singkarak, Gubernur Sumatera Barat, Bupati Padang Pariaman, diikuti oleh para atlet, commissaire, media, mitra Tour de Singkarak, seperti Artha Graha Peduli dan BNI.

Tak hanya itu, 100 siswa Sekolah Dasar dan Menengah di sekitar Kabupaten Padang Pariaman juga ikut hadir dengan tujuan menumbuhkan cinta pohon dan lingkungan sejak dini.

Tony Soesanto dari Artha Graha Peduli (AGP) mengatakan, Artha Graha Peduli dan Sahabat AGP memiliki perhatian besar terhadap upaya pelestarian lingkungan, pemulihan bencana, pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“AGP juga selalu konsisten dalam usaha-usaha penyelamatan satwa langka dan menjaga keseimbangan ekosistem serta lingkungan,” katanya.

Melalui Tour de Singkarak, AGP berniat untuk meningkatkan kesadaran terhadap kepedulian lingkungan pada masyarakat pecinta sepeda pada khususnya.

“Mengingat Tour de Singkarak merupakan event dengan taraf internasional, tentunya diharapkan pesan kesadaran akan peduli lingkungan yang ditanamkan oleh Artha Graha Peduli ini nantinya juga dapat tersampaikan kepada dunia internasional pula,” ujar Tony.

Sementara Oscar Pujol Munoz, salah satu atlet dari Spanyol yang merupakan juara Tour de Singkarak 2012 dan tahun ini berlomba untuk tim Skydive Dubai, mengatakan kejuaraan Tour de Singkarak ini berbeda dengan kejuaraan balap sepeda lainnya.

“Itu karena (Tour de Singkarak) menonjolkan sejumlah kegiatan cinta lingkungan yang diharapkan memiliki dampak baik bagi masyarakat dan alam Sumatera Barat,” pungkasnya.

SUMBER : beritasatu.com – Sabtu, 14 Juni 2014 | 15:21