• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia

3.000 Aparat amankan Tour de Singkarak 2014

3000-aparat-amankan-tour-de-singkarak-2014

Ajang lomba balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TDS) 2014 menjelajahi lebih banyak kota dan kabupaten di Sumatera Barat. Alhasil, tingkat pengamanan dirasa perlu ditambah.

Kepala Bagian Sarana dan Prasarana Polda Sumatera Barat Ajun Komisaris Besar Datuk Zulfahmi mengatakan, Kepolisian Daerah Sumatera Barat menyiagakan tiga ribu personel gabungan guna mengamankan kegiatan balap sepeda internasional Tour de Singkarak 2014 yang berlangsung pada 7 hingga 15 Juni.

“Lebih kurang 3.000 personel gabungan disiapkan untuk mensukseskan acara itu. Pada TDS tahun ini pengamanan akan lebih diperketat,” kata Datuk Zulfahmi di Bukittinggi, Sumatera Barat, Minggu (8/6).

Datuk menambahkan, personel gabungan disiapkan terdiri atas polisi, TNI, Polisi Pamong Praja, dan Dinas Perhubungan. Penempatannya diatur sesuai dengan rute dilalui para pebalap.

Dalam personel gabungan tersebut, lanjut Datuk, juga terdapat tim penjinak bom yang ditugaskan di bandara dan hotel-hotel tempat atlet menginap.

Datuk melanjutkan, pengamanan pada tahun ini jauh lebih ketat karena rute dilalui terdapat banyak pusat keramaian dan pasar-pasar. Sehingga perlu mendapat perhatian serius untuk pengamanan.

“Rumah-rumah warga banyak yang berada dekat pinggir jalan, ini menjadi potensi kecelakaan bagi pebalap dan masyarakat setempat,” ujar Datuk.

Datuk mengatakan, dari sembilan etape yang akan dilalui pebalap ada beberapa titik potensi kecelakaan. Salah satunya yakni rute etape keempat dari Kota Bukittinggi menuju Kabupaten Agam pada Selasa mendatang.

“Jalur itu harus steril, artinya penempatan personel jauh lebih banyak di daerah itu,” lanjut Datuk.

SUMBER : merdeka.com –┬áSenin, 9 Juni 2014 04:30