• 9849123456
  • admin@tourdesingkarak.info
  • Padang, Sumatra Barat, Indonesia

17 Daerah Siap Selenggarakan Tour de Singkarak

Rute Tour de Singkarak (TdS) yang tahun lalu ada 14 etape, direncanakan untuk tahun ini menjadi 17 etape. Karena ada penambahan daerah yang juga akan ikut ambil bagian dalam penyelenggaraan TdS ini, seperti Kab. Pasaman, Kab. Dharmasraya dan Kab. Solok Selatan. Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Muslim Kasim usai menggelar Audiensi dengan Kementerian Pariwisata serta Kab/Kota se-Sumatera Barat dalam Rangka persiapan iven tahunan Tour de Singkarak di Auditorium Gubernuran, Kamis Pagi (14/2).

Terkait dengan adanya kendala dalam akses jalan yang akan dilalui oleh pembalab, Wagub mengatakan bahwa ” Provinsi tentu akan membantu setiap Kab/Kota untuk hal tersebut, namun pihak kab/kota sendiri sudah menganggarkan dana khusus bagi terselenggaranya dengan baik iven TdS ini. Sebut saja Kabupaten Dharmasraya yang menganggarkan 11 Milyar, Kab. Solok Selatan 4,8 Milyar, serta Kab.Padang Pariaman 8 Milyar. Provinsi sendiri akan membantu 3 Milyar dan Nasional akan membantu 7 Milyar. ini kan cukup besar untuk bisa mengatasi kendala tersebut”

Disampaikannya juga bahwa pergelaran Tour de Singkarak ini akan diikuti oleh 25 Tim dari seluruh Dunia, yang terdiri atas 9 Rider dan 5 Official. Dan diperkirakan jumlah keseluruhan untuk para tim tersebut bisa mencapai 300 orang. Selain itu perhelatan ini juga akan diliput oleh wartawan baik Internasional, Nasional dan Lokal. Untuk wartawan Nasional yang akan datang dari Jakarta sekitar 100 orang, dan diperkirakan yang datang meliput secara keseluruhan bisa berjumlah lebih kurang 1000 orang wartawan. Jadi iven tahunan TdS kali ini akan berskala lebih besar dari tahun sebelumnya, melihat jumlah peserta dan antusiasme wartawan dalam meliput acara tersebut. Ada keistimewaan yang akan dilaksanakan dalam perhelatan TdS tahun 2013 ini. Seperti adanya pengambilan spot-spot gambar melalui udara dengan menggunakan Helikopter, diharapkan para wartawan-wartawan Lokal juga bisa berpartisipasi mengambil gambar melalui Helikopter tersebut, ujar Wagub.

Kepada masyarakat Sumatera Barat juga diharapkan bisa ikut mendorong terselenggaranya dengan baik perhelatan ini. Masyarakat diharapkan menjadi seorang Tuan Rumah yang baik, bagi para tamu, official serta wisatawan yang datang. Karena bagaimanapun dalam iven tahunan yang sudah menempati urutan ke-5 sebagai pengunjung terbesar dalam Turnamen Balap sepeda dunia, tentu akan banyak keuntungan yang bisa didapatkan masyarakat. Mulai dari penjualan souvenirnya, Kuliner nya serta jasa-jasa lainnya yang juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Kepada pemerintah kab/Kota juga kedepannya bisa membuat sebuah paket-paket wisata yang bisa dipromosikan kepada wisatawan yang berkunjung. Jadi ketika wisatawan berkunung dalam rangka TdS ini, mereka juga sudah bisa menerima brosur-brosur paket-paket wisata yang bisa dikunjungi di tiap-tiap daerah, harap Wagub.(

sumber :┬áPadang Today Berita Hiburan Sabtu, 16/02/2013 – 16:30 WIB Redaksi padang-today 676 klik